[Celotehan] 5 Aktivitas bermanfaat saat berpuasa daripada tidur

Tidur

Berbicara tentang puasa, berbicara juga tentang menjaga ketahanan tubuh. Berdasarkan referensi dunia maya yang gua baca, sahurlah dengan makanan serta minuman yang membuat tubuh kita fit dan bugar, contoh: Nasi secukupnya bukan semampunya, sayur-sayuran sehat, telur atau protein lainnya, buah-buahan segar atau bahkan dijadiin jus, serta jangan lupa minum air mineral minimal 8 gelas tiap malam guna menjaga ion tubuh yang hilang. Tapi ingat! Jangan lupa makan siang biar kuat sampai maghribnya. Oke, canda. Lanjut! 

 

 

Siang ramadhan ini, terasa begitu panas, sehingga membuat malas melakukan kegiatan apapun. Begitu juga si Otong, yang kerjaannya hanya ‘bonis’ atau bobok-bobok-manis diatas kasur doang seharian. Tetiba, temennya, Bedul, dateng sambil koprol masuk ke kamarnya tanpa izin ke pak hansip.

“Tong! Bangun tong! tidur mulu lu! ”, teriak Bedul yang rada kesel ngelihat Otong yang kerjaannya tidur terus seharian.

“ Tong! Tong! Tong! “, masih nggak ada tanda kehidupan. “ Coboy Junior bubar Tong!!”

“ Hah?! “, Otong sejenak kaget berangkat dari tempat tidurnya dengan muka yang penuh acai.

“ Udah lama bego! “, Otong duduk kembali sambil ngupil.

“ Lu kenapa dah seharian tidur mulu, lakuin kerjaan yang bermanfaat… “

“ Sst, lu tau kan tidurnya orang berpuasa itu ibadah? “, ucap Otong sambil menempelkan jempol kakinya ke bibir Bedul.

“ Iya kan tapi … “, balas bedul dengan mengganguk.

“ Daripada gue maling celana orang, mending tidur kan? “, potong Otong dibalas anggukannya Bedul.

“ Dibanding gue macarin istri orang, mending gue tidur kan? “, lanjut Otong yang upilnya kemana-mana. Bedul ngangguk lagi.

“ Dibanding gue kumur-kumur 4 kali terus keluarnya 2 kali, mending tidur lagi kan? “, Angguk Bedul lagi yang mulai koprol nggak jelas.

Otong menarik nafas dalam, lalu menatap mata bedul penuh perasaan. Dari bibirnya yang seksi, Otong ngomong,

“ Daripada gue ngelakuin kegiatan nggak jelas tadi, mending gue tidur kan. Ibadah, terus berpahala, nggak kayak lu, gangguin orang tidur, sama kayak gangguin orang ibadah. Dosa dong berarti. “

“ Sekarang gue tanya, yang dosa siapa sekarang? “, tanya Otong dengan air muka serius tapi lupa ngebersihin upil.

“ Gue … “, jawab bedul jujur.

“ Yaudah pulang sana! Tobat “.

Bedul pun pulang dengan rasa penuh bersalah, satu hal yang ia lupa, ia lupa keluar dengan koprol lagi. Dan Otong pun melanjutkan rutinitas tidurnya dengan aman, tentram dan sejahtera.

 

Gimana, setuju sama Otong? Pelajaran apa aja yang bisa di ambil dari cerita di atas?

Gini nih, berdasarkan dari Hadist Rosul yang artinya : Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Diamnya adalah tasbih. Do’anya adalah do’a yang mustajab. Pahala amalannya pun akan dilipatgandakan.  (Tasbih: pujian, Mustajab: Dikabul do’anya)

Banyak dari kita yang salah kaprah. Bayangin deh, kalo tidurnya aja pahala, gimana dengan aktifitas yang harusnya udah pahala? Yup.. dilipatgandakan lah. Makanya dibulan puasa ini, saatnya kita berburu kebaikan, bukan malah berburu Takjil jam satu siang.

 

Ngomong-ngomong tentang kebaikan, ketimbang kalian tidur terus, gua mau share  nih 5 Aktivitas bermanfaat saat berpuasa:

 

1. Ibadah Tambahan

Mungkin ini nggak perlu dijelasin panjang lebar lagi ya. Kayak gua bilang sebelumnya, tidur aja pahala. Gimana kalo kita tadarusan, sholat sunnah dan ibadah sunnah lainnya? Jelas. Pasti dilipatgandakan pahalanya.

Ketimbang kita melakukan gunjing orang lain, bohong, marah-marah, bete-betean, ngomong kotor dan banyak lagi deh. Hal yang berpahala aja bisa jadi double pahalanya, gimana hal yang dosa. Remember that!

 

 

2. Belajar

Aktifitas sederhana ini juga sangat bermanfaat dilakukan saat berpuasa. Selain menambah ilmu untuk masa depan juga membuka cakrawala wawasan kita agar kita tidak semakin mudah dibohongin dijaman orang-orang yang sudah pintar ngebohongin ini. Mengerti kan maksudnya?

Belajarlah semua apa yang harus kalian pelajarin. Haus lah akan ilmu, jangan haus akan air kolak pisang. Belajar juga nggak harus tentang pelajar sekolah/kampus melulu kok, kalian bisa belajar tentang cara membuat ini itu, belajar menggunakan aplikasi komputer, belajar memasak, atau belajar yang lebih bermanfaat dan positif lainnya. Asal jangan belajar menikahi istri orang aja, entar bisa-bisa kalian dibikin bakso sama suaminya. Kan kacau…

 

 

3. Membersihkan Rumah

Bersih itu adalah ibadah. Nggak bosen-bosennya gua ngingetin tentang hal-hal yang berbau ibadah. Kenapa kita harus membersihkan rumah juga? Simple sih, mau tinggal dirumah yang kotor?

Rumah bersih berarti sehat, nggak selalu harus berukuran besar atau megah kayak Istana negara. Asalkan bersih sudah cukup. Ruang tamunya bersih, nggak ada meja kursi tv dan lainnya. Kamar bersih, nggak ada kasur dan lainnya. Dapur bersih, nggak ada kompor makanan dan lainnya. Eh maaf salah sebut.

Bersihkan lah rumah kalian ketika ada waktu, jaga kebersihannya sebagaimana ia telah menjaga kalian dari dinginnya malam dan panasnya siang. Nggak ada salahnya juga kok kita meluangkan sedikit waktu kita untuk bersihin rumah. Setidaknya gini, dengan keadaan yang bersih, rumah yang bersih, akan memberi anda semangat baru untuk melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat lagi. Percaya deh!

 

 

4. Memasak

Aktifitas yang satu juga bermanfaat, maksud memasak disini adalah kita membantu ibu atau siapapun memasak guna mempersiapkan buka puasa. Setidaknya dengan begini kita lebih tahu dunia dapur itu gimana sih, bukan hanya duduk manis depan meja pas denger adzan maghrib doang bisanya.

Terkhususkan juga buat perempuan nih, bukan berarti lelaki juga nggak boleh ya, ingat! memasaklah sebelum memasak itu dilarang. Kalian mau kan menyandang title istri-able?  Yuk mari memulai memasak, nah kalau udah masak biasanya kan kita nggak tahu tuh rasa dari masakan kita udah pas selera atau belum. Makanya kita …. If you know what i mean.

 

 

5. Berbelanja

Ada saatnya juga kita membutuhkan angin segar dalam kehidupan kita, suasana baru, barang-barang baru. Berbelanja disini dengan maksud kita berbelanja sesuai dengan kebutuhan kita, asal jangan sampai masuk lingkaran seta boros dan hura-hura aja.

Berbelanjalah buat membeli takjil misalnya. Atau mungkin berbelanja untuk makanan hari lebaran nanti atau mungkin perabotan rumah yang sekiranya sangat dibutuhkan tapi kita belum punya. Beli cotton-bud sama tusuk gigi juga jangan lupa.

Nah, berbicara masalah berbelanja, biasanya kebanyakan dari kita banyak yang ngeluh, apalagi kalau belanjanya harus panas-panasan ke pasarnya, belum lagi ntar desak-desak, terus apalagi yang paranoid dengan tingkat kriminalitas yang tinggi, takut kecopetlah, takut kejambretlah, takut anaknya ketukerlah. Macem-macem!

 

Disini gua ada solusi bagus untuk yang mau belanja, belanja online di Lazada

 

LAZADA-Indonesia-Belanja-Online

Ada yang belum tau Lazada? Lazada adalah pusat belanja online terbesar dengan kelengkapan serba ada yang menawarkan produk terlengkap dan terpercaya di Indonesia. Lazada juga memenuhi segala kebutuhan anda dengan menawarkan berbagai pilihan produk dari segala kategori, mulai dari elektronik, furnitur, mainan dan peralatan anak-anak, buku, alat olahraga, produk kecantikan, dan lain-lain.

Keuntungannya apa:

Pertama, kalian mempunyai garansi uang kembali. Kedua, kalian bisa mendapatkan FREE ONGKIR. Ketiga, bisa bayar ditempat lebih dari 100 (Seratus) kota yang tersebar di Indonesia. Menarik bukan?

 

Untitled

Nah, selain interface website yang ringan, friendly  dan tidak banyak neko-neko ini. Lazada juga saat ini sedang banyak Special-Promotions dibuat dari produk perabotan rumah hingga elektronik, dimulai 5% hingga 70%. Tunggu apalagi coba?

 

Satu lagi nih yang harus kalian garis bawahin kalau disini, Lazada punya banyak sekali voucher belanja gratis.

pocer

Mulai dari mengikuti promonya, mengikuti lomba-lombanya hingga berlanggan newsletter-nya aja, kita sudah bisa mendapatkan voucher geratis. Begitu menggiurkannya, apalagi buat fakir gratisan mahasiswa nih, WOW! Keren gila!

 

 

Nah, terakhir, sebagai penutup. Masih banyak hal positif dan bermanfaat lainnya yang bisa kita lakukan saat berpuasa selain tidur doang. Kalo menurut kalian gimana nih? Punya cerita lain? Atau punya masukan tersendiri?

Yuk mari dikomeng!

Previous
Next Post »
0 Komentar