Kampung Inggris - PARE!


opening

Yuk mari keliling Indonesia!
Dalam debut episode post-blog bertajuk ‘Journey’ kali ini, bang Jeck mengajak kalian mengenal lebih banyak harta karun yang terpendam di negeri ini. Pernah hinggap kata ‘Kampung inggris’ ditelinga kalian? nama tempatnya, Pare. Masih di Indonesia kok. Sebuah tempat yang sederhana dengan aroma yang Istimewa. Penasaran? Yuk ikuti perjalanannya. Cekibrot.

***

Kolotelolika! Throw-back. Ini pengalaman gua mengisi waktu liburan panjang semester 2 kemaren, kurang lebih juni-juli 2013 silam. Sekadar sharing cerita aja, destinasinya yaitu Kampung Inggris – PARE. Mungkin buat yang domisili Jawa timur udah pada tau ya, tenang, gua punya peta nya juga nih buat yang awam banget dan belum tau sama sekali dimana itu Pare. Cek!

 
peta
Prolog dulu ye, secara geografis posisinya ada di Dusun Singgahan, Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur dengan koordinat bla bla bla bla bujur timur dan bla bla bla bla bujur barat, lalu bla bla bla bla lintang utara dan  …. ah sudahlah.
Kenapa dipanggil ‘Kampung Inggris’ ?
Jelas, karena disana terdapat puluhan bahkan hampir ratusan tempat kursus bahasa Asing, dengan mayoritas bahasa inggris. Makanya do’i dikasih nama Kampung Inggris, bukan kampung Italia.

Usut diusut nih, asal mula adanya kampung inggris ternyata tidak lain dan tidak bukan adalah berkat sentuhan ajaib Bapak Kalend. Seorang guru dari Kalimantan yang merantau ke desa Singgahan, guna belajar bahasa asing dengan cendikiawan setempat. Intinya, singkat cerita ada segelintir mahasiswa yang belajar bahasa inggris ke beliau, lalu beliau mendirikan BEC (Basic Engish Course), yang juga menjadi perintis berdirinya kursus-kursus yang lain. Nih photo beliau dan BEC-nya.

Untitled-4


Transportasinya bijimane dah?
Gua punya lima alternatif buat kalian yang mau kesana.
Pertama, Kereta Api. Tujuannya stasiun kediri, terus tinggal naik travel atau becak lanjut bus dah ke TKP-nya. Sudah umum kali ya, kali ini gua rekomendasiin banget. Kenapa? habis dengan kereta api selain harga yang relatif murah juga bisa sedikit nyaman tempatnya, walapun ekonomi sekalipun. Jelas aja, beda dengan bus, jalur kereta jauh lebih stabil dibanding bus. Biar ga mabok bray!
Kedua, Bus. Seperti yang diatas, ngga relatif mahal juga. Berhentinya bisa juga diterminal kediri, atau cari jurusan yang langsung pare atau tulung rejo. Cuma ya, jalurnya itu lho. Goyang-goyang atas bawah. Bikin mau keluar…. muntahnya. Mabok darat bro, maklum.
Ketiga , Pesawat Udara. Nah, ini yang dari luar jawa. Banyak budget. Destinasinya ya Suarabaya juanda sih. Dari surabaya bisa lanjut bus, kereta api maupun angkot. Asal duit banyak aja sih buat yang satu ini.
Keempat, napak Tilas. Atau mungkin banyak yang bilang backpackeran. Yuk mari buat yang strong nan kratindeng, boleh dicoba ini. Hemat sih hemat, tapi persiapannya juga harus maksimal. Persiapan mental, pengetahuan dan lainnya.
Kelima, Naga Indosiar. Sudah! Ndak ada gunanya ko tunggu ini naga. Kau cari aja digimon atau pokemon. Simple toh? Sudah sana pergi.
ole
Ada yang gocap juga malah sekarang, buset! Simpulin aja, gua dari Bandung, ngereta api, pulang pergi 300K plus 100K transportasi penunjang kayak travel, angkot atau becak.


CARA DAFTARnya bijimane dah?
Setau gua nih, ada dua cara daftarnya.
Pertama lewat Duta Pare, sejenis pendaftaran online gitu. Nih webnya http://daftar.kampunginggris.co.id/. Kemaren gua lewat online juga daftarnya, cek webnya aja. Banyak kok pilihannya disana.
kedua, kalo kata temen gua, bisa langsung dateng aja kesana. Sejenis daftar ditempat gitu. Simple kok. Tapi ya rada gambling gitu, antara ada dan tiada gitulah.
Kalo masih bingung, bisa tanya di fanspagenya infopare dan twitternya Kampunginggris. Uptodate mulu kok.

Kalo BUDGETnya bijimane dah?
Kita masuk dalam hal yang paling krusial, keuangan.
Gini lho teman, makan disana itu kalo gua nilai sih relatif murah, murah banget (percuma sih murah, kalo frekuensinya banyak). Aseli. Kenapa ngga, cukup 3000 aja udah bisa makan pecel, pecel Madiun kalo ngga salah. Pusing dah gua mikirnya, sampe temen gua bilang, ‘orang disini hobinya jualan’. Yang penting jual dan laku aja kali ya. Kalo kata gurunya, karena murah, jangan banyak makan, bisa BEGO ntar.
CIEE BEGO CIEE.
Buat makan, gua rata rata sekali 5K, kali tiga kali sehari jadi 5K, tambah 5K komsumsi tambahan. Sehari 20K.
Buat Londri, ini wajib. Susah kalo nyuci sendiri. Rata-rata sekilo 3K-5K, ambil tengah sekilo 4K. Seminggu 2 kilo, 8K.
Buat sewa sepeda. Ini kendaraan kita disana, kurang lebih 50K-100K perbulan. Ambil tengah 75K.
Buat Biaya kursus plus camp. Gua ambil paket yang sebulan di kursus MARVELOUS, 775K.
Buat uang dadakan, 100K. Siapa tau dadakan kepake. Orang lain beli pentol, kita mau beli juga. Orang lain punya pacar, eh.

kalkulsi
Jujur ya, kalo gua sih dana dadakannya ngga cukup 100K doang. Kenapa? Soalnya banyak kuliner-kuliner baru yang harus kita coba disana, dan pastinya kalo dalam range 1 bulan, kuranglah. Pentol kediri, ceker setan, bom bakso, sate bekicot, dendeng cicak dan, ah sudahlah.

Simpulin aja, budget buat fasilitas disana kalo level mepet kurang lebih 1574K (belum termasuk transportasi). Kalo mau level yang ‘hedon-hedon’ lebih kurang 2000K atau dua juta. Belum termasuk transportasi juga.



APASIH YANG DIDAPET DARI SANA?
1.) Teman. Jelas, dari sini kalian bakal kenalan dengan orang rantauan lain maupun anak kampung sana. Jelas lagi ini sangat bermanfaat. Semakin banyak teman, semakin banyak relasi. Semakin banyak relasi, semakin banyak calon istri. Iyakan?
2.) Ilmu bahasa Inggrisnya. Jujur saja, disini bener-bener diasah. Kenapa ngga, bayangin aja ada tukang pentol sama eskrim jualannya pake bahasa inggris coba. Aduuuuh. Kalo yang gua tangkep sih disana kita lebih ke pro-aktif. Speak up, peraya diri dulu. Grammarnya belakangan.
3.) Liburan plusplus. Nah, biasanya setiap weekend kita sering ngadain jalan bareng gitu. Bisa ke bromo, bisa ke malang, ke candi-candi. Istilahnya liburan didalam liburan gitu.
4.) Quality-Time. Ini banyak versinya, kalo gua pernah dapet quality-time sama anak kelas yang disana, sama yang jaga warung, yang jual sate, yang jual pentol. Serulah sharing-sharing sama mereka. Buat yang cowok, futsalan.
5.) Bisnis. Ini opsional, tapi disana, gua kenal dengan rekan bisnis baru. Bisa dibilang pertama juga sih. Dari sana juga awal bisnis Shrekkissyou terintis. Yuk mampir siapa tau minat. nih!
6.) Bahasa daerah. Selain bahasa inggris, kalian juga secara ngga langsung bakal mengerti bahasa daerah lain. Mau jawa, padang, makassar, kebanyakan makassar sih. Sudah ko makan dulu sana. Piye koe caliak caliak, naon. Ewako! Aduh mamasayange!
7.) Wisata kuliner. Ini bagi gua sangat penting. Seperti yang gua tulis sebelumnya. Banyak sekali harta karun terpendam yang bakal kalian temukan disana. Makanannya broo! murah.
8.) Kebenaran. Kalo ini pengalaman pribadi aja, karena gua mendapatkan sebuah kebenaran. Pilihan antara bertahan atau tinggalkan. Antara benar dan salah. Sebuah titik balik. Masih menghindari penyesalan.
9.) Cinta. Kalo ini beruntung ngga beruntung sih. Boleh jadi disana juga kita menemukan cinta. Ce’i laah. 
10.) Pengalaman. Biarkan ini menjadi tabungan pengalaman kalian yang bakal kalian ceritakan ke teman, sahabat,  istri/suami maupun anak cucu kalian nanti. How an awesome experience you got!
Capek dan bosen juga ya baca tentang promosi Kampung Inggris – Pare mulu ya. Iya. Gua juga rada capek nulisnya. Siapa tau dah ini dilirik sama orang sana buat dijadiin promosi pare. Terus dapet job deh. HAHAHAHAHAHAHAHA.

*


Yuk, sebagai penutup, lihat photo photo gua selama disana. Siapa kepecut buat dateng kesana juga ya. Cekibrots!



Pare-20130717-03042
itu sepeda dan tempat course sekalian camp gua. Sederhana ya. Tapi …..

SAM_0412
Nah ini salah satu proses belajarnya. Gua paling kiri. Dua arah gitu belajarnya.

DSC06011
Ini kelas pagi. Kayak refreshing santai gitu. Lupa gua namanya, morning brainwash atau apa gitu. Belajar di alam terbuka gitu.


DSC00031
Ini keberangkat brainwash morningnya. Biasanya sih dikelas sabtu pagi. Yuh gua sempetin ikut photo.


Pare-20130702-02779
Ini course gua. MARVELOUS. Aa quote-nya tuh, “Dont speak like monkey in this camp. We are american, 24 hours in english.”

DSC00035_旋转
Ini kita rekreasi ke Masjid apa gitu. Lupa gua namanya. Mungkin ada yang bisa bantu jawab?


DSC06009
Ini namanya KENSU. Ketan susu. Kuliner favorit buat sarapan disana. harganya antar 1,5K sampe 3K.


Pare-20130702-02788
Kondisinya ya seperti les biasa ya. Oh iya, itu paling kanannya namanya Sobri. Kuliahnya di Madinah lho.

DSC05963
Disana, ini quartet morons yang sering dapet hukuman. Kiri: Aji, Agung, Ojan, gua.


Pare-20130708-02845
Ini gua dengan orang hebat yang pernah gua kenal. Namanya ojan. Parner bisnis juga. Teman sharing. Sekarang dia udah sibuk skripsi.

Pare-20130715-02994
Nah ini menu buka puasa kita. Ga nyampe sepuluh ribu lho itu. Aseli!

DSC_0640
Ini saat kita sedang pesta makan kerinci. Kalo gasalah ya namanya. Makanan korea-korea gitu.

DSC_0638
Itu maksud gua. Sayur dibalut nasi sama ada campuran asem asem. Bautannya Mr.Bayu nih.

DSC_0644
itu dia Kerinci yang gua bilang. Makannya tinggal glep gitu.

DSC06226
Nah, ini kelompok gua menang lomba speak up gitu dalam kelas speaking. Ditarktir Mr.Bayu makan rawon. Rawon Jawa Timur emang gada tandingannya dah.

DSC06248
Malam perpisahan. Ada sejenis tukeran kado gitu. Rada haru sih pas disini. Iya.

DSC_0467
Ini perpisahan kelas speaking, yaitu drama. Banyak cerita yang terukir disana.

DSC_0524
Ini gua sama Risti. Artis utama drama kami. Jelas, gua jadi aktor utamanya. Keren kan gua?

DSC_0537
Itu, yang rada sangar sebelah kanan gua. Namanya Mr.Bayu. Gila! Itu tutor inggris paling keren yang pernah gua temui. Semoga dilain kesempatan gua bisa belajar dan sharing-sharing lagi dengan beliau. Katanya sih beliau sudah married.

DSC_0533
Ini keseruan penutup kelas Speaking. Tutornya favorit gua dah.

IMG_0344
Nah, ini kampret-kampret penghuni Marvelous 13.

Great Design
Ini baju kenangan dari sana. Gua yang desain, ide dari Ojan.

File0139
Ini namanya Gumul. Tepatnya simpang lima gumul. Jadi ada bangunan yang mirip banget sama yang di perancis atau jerman itu lho. Lupa tapi gua nama tempatnya apa. Lokasinya ga jauh dari Pare kok. Epic banget ya.

IMG_0348
Ini juga. Itu yang ditengah, namanya Mr.Tata. Penanggung Jawab camp gua. Aduh mamasayange!


1
Ini photo studionya. Kelas Marvelous 13. Sebuah pengalaman yang luar biasa.


"Perpisahan yang membuat kita rindu, jauh lebih baik dari kebersamaan yang membuat kita bosan" – Ojan

"Fisik tidak selamanya kekal, terkadang runtuh dalam suatu titik dimana titik tersebut berbanding lurus dengan waktu. itulah yang namanya jenuh" – Tika

"Terkadang skenario tetaplah skenario, terlalu egois memintanya menjadi nyata. karena yang nyata, itu hanya skenario-Nya" –Jeck

Sampai berjumpa lagi ya Marvelous, dalam waktu yang beda, kondisi yang beda, tempat yang beda. Tapi cerita, suka, duka, canda dan bahagia yang sama. KEEP CALM AND STAY MORON!

***



Kelar juga yak akhirnya Journey bang Jeck kali ini. Yuk, yang udah mantengin dari awal atau hanya sekadar liat liat doang. Boleh lah komeng dan testimoninya. Izin pamit sampai bertemu di Jurney-journey berikutnya. Ayo keliling Indonesia!

Kampung inggris – PARE, “Sebuah tempat sederhana, dengan aroma yang istimewa. “

Yuk mari komengnya!

Previous
Next Post »
17 Komentar
avatar

Halo SOBERI!

Sudah diduga. Pasti yang dateng pertama kamu. Makasih yoo udah mampir. Nanti kalo balik Indo lagi meet-up lah kita. Berasa rumah sendiri yaa. HAHAHAHA

Balas
avatar

Jekiiiiiiiiii itu bahasa padangnya amburadul!!!!!! hahahaha. Pokokke always miss that moment...

Balas
avatar

Ah ada ibu Dokter. Apa kabar bu?
Inda ba a. Sing penting iso boso minang.

Suwun yo udah mampir Tikaji!

Balas
avatar

Opsional man.

Kalo gua kemaren 1 bulan. Paketnya itu ada yang 2minggu sama yang 1bulan, tapi kalo milih yang 2minggu seriusan bakal nanggung. Kalo kata yang 2minggu ya, "Ga berasa kalo cuma dua minggu doang disono"

Thenkyuu VGYEAH udah dateng.

Balas
avatar

wahh asik tuhh,,, itu bangunan GUMUL mirip banget sama Arc du Tromphe, Prancis sama Bradenburg gate yang ada di jerman B) Mirip banget

Balas
avatar

Wah iya nih. Baru tau juga mirip sama apa tadi? 'Arc de Tromphe' dan 'Bradenburg gate'.
Mantep nih. Udah dapet pencerahan.

Suwon yo mas Fandhy udah mampir.

Balas
avatar

( Sudah diduga ) :D

Yep lah, langsung eksekusi meet up jek. Juli-agustus di rumah insyaallah

Oiya, itu yang korea2 namanya kimchi. Kesian aja yg punya kota kerinci ngamuk2 :D

Balas
avatar

Waduh, jangan aku lah sob. Juli-Agustus jadwal balik bangka juga soalnya. Kapan ya?

Iya kimchi. Haduh haduh. Maap HAHAHAHA tak kirain kerinci.

Balas
avatar

sukaaaa banget sama tulisannya .


sama tulisannya ya, bukan orangnya :)))

Balas
avatar

Wah makasih banget kok. Kalo suka sama orangnya juga gapapa, gratis kok. :)))

Balas
avatar

1 bulan di Marvelous udah lancar belum speaking nya?

Balas
avatar

1 bulan di Marvelous udah lancar belum speaking nya?

Balas
avatar

Bro...aku pinjam beberapa fotonya untuk postingan di blogku ya...
Btw, dulu aku juga di Marvel camp 13. Camp paling seru! Haha...

Balas