[Celotehan] Bocah Semprul Bau Ketek

juliiii

Masih semangat berpuasa? Makan dulu yuk sini, biar kuat.


Nggak tahu kenapa akhir-akhir gua lagi hobi banget nonton film yang bergenre science-fiction, kayak: X-men, Transformer, The Hunger Games dan yang paling terakhir Digimon Adventure. Mungkin karena sci-fi movie begitu memanjakan imajinasi, bisa merealisasikan hal-hal fiksi juga. Luar biasa. Inget sci-fi movie, gua jadi inget adik SMA laki-laki gua, Juli. Yup… sama-sama bikin gua harus bilang, ‘Ah ini mah nggak mungkin’


“ gak pulang, Bang? “

“ Belum jul, masih banyak kerjaan. Mau dibawain oleh-oleh?”

“ Mau bang. Bawa ‘Maiciw’ bang ya, yang pedes “

“ ‘Maiciw’ ? Maicih kali “

“ Ha, iya, itulah pokoknya. “

“ Oke oke. “

“ Eh, jangan deh Bang. Bawa yang mirip ‘Maiciw’ tapi isinya banyak ya! ”

Begitulah sedikit rangkaian chatting gua dengan Juli sebelum balik kampung. Awalnya pake bahasa Bangka, cuma karena sedikit yang paham,  gua terjemahin ke dalam bahasa yang lebih universal.

Singkat cerita, tibalah gua didepan rumah sambil membawa satu kantong plastik besar keripik maicih dan segera menghampiri Juli yang lagi didapur. Sedikit menarik nafas gua letakan kantong plastik tadi di atas lantai, perlahan gua buka sangkar dia. Belom hitungan detik, ia pun langsung melompat dan melahap kantong plastik berserta isinya, dengan sangat buas. Begitulah hubungan kami, sangat harmonis bukan?

 

Daripada gua semakin ngalor ngidul, mending langsung masuk intinya. Gua mau ngenalin ke kalian saudara sekaligus adik cowok satu-satunya yang gua punya. Maklum, bapak ibu cuma punya dua anak, cowok lagi keduanya. Untungnya ganteng, iya, abangnya doang yang ganteng. Namanya Juli Wicaksono, panggil aja Juli. Masih SMA kelas 2, eh kelas 1. Apa masih SMP ya? Itu deh pokoknya. Disini gua bakal bahas dia dalam beberapa poin, cekidot:

 

 

1. Fisik dan Penampilan?

Kita mulai bahas yang pertama. Mungkin kalo dilihat dari sudut yang satu ini kita terlihat jauh berbeda. Persamaan kita cuma diberkahin postur tubuh yang tinggi, maskulin tegap dan kekar, Alhamdulillah, yang terakhir bohong. Kalo perbedaan? Kita mulai dari rambut kita udah beda, dia lurus rapi, gua kriting kumal tapi menawan. Gua tinggi, dia nggak tinggi-tinggi amat sih. Kulit gua rada terang, kulit dia rada gelap hangus. Wangi gua semerbak ice-mentol-cool-elegant, wangi dia kayak bau ketek yang belum kesentuh air 1 minggu lamanya. Hih! Ternyata perbedaan kita nggak beda jauh. Nih penampakan Juli buat yang penasaran:

 

Begojul

Buka harga mulai dari 1000 Rupiah. PM ME!!

Oh iya, kalo yang ada yang tertarik bisa add fesbuknya disini atau follow twitternya disini, lumayan bagi merasa kulkasnya butuh ganjelan.

 

 

 

 

2. Hobi?

Buat yang satu ini, cukup menjadi sorot perhatian gua. Mungkin karena kebanyakan persamaan, untuk yang kali ini serius. Dulu, pas masih SMP gua mulai tertarik dengan dunia sulap-sulap-an atau magician, mulai dari ngilangin koin, tagihan internet, gayung WC sampe hati yang masih ketinggalan di mantan pun bisa gua hilangin. Kalo Juli hobinya magician juga, tapi alirannya yang beda, kalo kata dia nih, namanya flourish. Itu lho yang main-mainin kartu pake kecepatan tangan.

 

okokok

Tengil banget ya? Nih buat yang pengen ngeliat gambar versi geraknya masuk kesini.

 

Satu hal yang gua syukuri, kami sama-sama suka mengoprek hal-hal yang berbau multimedia dimana unsur estetika menjadi prioritas utama. Dulu gua suka pake Mc.Flash, dia juga, mau lihat animasi buatan dia, disini. Boleh juga nih check channel yutubnya do’i, siapa tau kalian nemuin kulit manggis disana, mampir sini. Terus nih bocah semprul juga suka bikin artwork-artwork gitu, nih buat yang mau lihat album artworknya ada di deviant-art-nya. Terus juga suka edit-edit video, sampe-sampe bisa tembus pelatihan nasional karena juara lomba video. Lumayanlah.

 

Masuk ke dunia SMA, ternyata Juli juga suka potografi, persis kayak jaman gua masih jadi boyband dulu. Andalan temen-temen sebau kencurnya kalo lagi jalan. Yup.. “Jak, bawa kamera ya, jadi tukang dokumentasi” itu gua, Mungkin kalo dia sekarang, “Jul, bawa kamera ya, jadi tukang dokumentasi”. Sebelas duabelas. Dan yang bikin gua shock-nya, dulu gua dipercaya megang produksi Dokumenter Akhir tahun kakak-kakak yang udah lulus buat diputer di promnite, ternyata dia juga! Tapi satu hal yang tetep bikin gua bangga, kalo disekolah, kalo dia lagi menonjol, dia bukan dipanggil pake namanya, “ Oh itu Juli” nggak kayak gitu. Tapi pasti kayak gini, ” Oh itu adiknya Jaka“  Istimewa. Kurang keren apalagi coba gua.

 

Lanjut nih, ternyata dibalik hobinya yang suka ngupil pake jempol kaki, dia juga sekarang kaskuser lho. Udah ISO lagi, udah bisa ngasih cendol dan reputasinya tinggi lah. Seringkali gua minta tolong dia buat ngasih cendol ke akun gua. Sistemnya gini, dia ngasih gua cendol tiap hari dibayar sama gua beliin dia oli mesin diesel buat mandi. Cukup fair. Cukup mutualisme. Nih buat yang kaskuser juga bisa mampir ke account-nya dia, yuk mari disini.

 

loogoooo

 

Sedikit lega juga gua, ternyata dia punya brand-mark sendiri. Setidaknya dengan begini mental enterpreuner-nya sudah terbentuk. Tinggal di olah jadi Creative-preuner aja. Itu yang kiri punya gua, yang kanan punya dia. Gua yakin aja, dari sekian hobi yang sama, nanti saat pentol korek satu ini udah masuk kuliah, pasti mulai hobi ngeblog dan nulis juga.

Emang sih, kalo ibaratkan gua sebagai pohon juli sebagai jambu monyet. Sesuai dengan kata pepatah, jambu monyet kalo jatuh nggak bakal jauh dari pohonnya, palingan ya ke comberan tetangga.

 

 

 

3. Bussiness?

Berbicara tentang bisnis, mungkin belum sepatutnya gua ngebahas disini. Tapi nevermind, buat membuka pikiran dan wawasan aja. Dibilang bisnis mungkin lebih tepatnya disebut dengan sebuah cara meraup atau memperoleh uang jajan tambahan akan sebuah proses. Persamaannya adalah kita sama-sama menekuni bisnis online.

Mulai dari gua: Dulu gua pernah berkecimpung dalam dunia clothing online, tapi yaaa sekarang udah collapsed. Nggak ada yang mau ngurusin, soalnya waktu itu gua kerja bareng sama sohib gua, yang mana sekarang lagi sibuk nyekripsi. Nih lapaknya. Terus sekarang, gua cuma mencoba mencari dana tambahan buat beli bacil sebagai publisher-ads, aja.

Begitu juga rengginang satu ini, setahu gua dia juga pernah menjadi publisher-ads tapi di akun yutub, nggak tahu masih aktif atau nggak. Tapi yang gua sorotin disini, bisnis jualan follower twitter sama jasa bikin animasi avatar kaskus. Masih aktif sampe sekarang, buat yang minat cek kaskus-nya dia aja ya, disini = Juliwick Store.

Ya gua mah turut bangga aja, turut mendukung juga. Kalo dia untung banyak gua bisa minta buat modalin kerjaan gua, kalo gua untung banyak gua bisa beliin dia oli mesin diesel lagi buat mandi. Juli emang penggila oli mesin diesel.

 

 

 

4. Organisasi?

Okeh, keempat, tentang organisasi. Dari sumber yang gua dapet, organisasi kita nggak jauh beda.

Pertama Rohani Islam atau ROHIS, gua aktif disini, dia juga. Mungkin kita sempet mikir kalo dari sana kita bisa dapet pintu hidayah untuk tobat. Kedua, Pramuka. Kalo ini dia mulai aktif SMP, kalo gua mulai SMA. Gua mungkin bisa sedikit bangga dilahirkan oleh gen yang menjunjung penuh nilai-nilai pramuka yang diturunkan oleh bapak. Pernah suatu ketika ketika gua ada kemah di SMA, begitu Juli ada kemah di SMP dan bapak jadi panitia Perkemahan Daerah, jadi semua cowok yang ada dirumah semuanya pergi Kemag. Bukan kenapa, cuma kasihan aja Ibu dirumah nggak ada yang jagain.

Terus satu yang bikin gua beda. Ini Bekicot ikut teater, yang bikin dia tumbuh lebih PEDE dibandingkan gua. Kata temennya, “Juli itu bang jago banget akting-nya! Serius!” Mungkin ini akan menjadi alasan buat gua ngerekomendasiin dia sebagai calon artis. Calon artis iklan ‘kulit-singkong-kini-ada-ekstraknya’.

Lalu berikutnya OSIS. Organisasi yang paling beken di sekolah gua dulu, ternyata ini bocah kampret ikut juga. Cuma kita emang beda takdir. Saat panitia MOS gua hanya mentok sebagai dokumenter tapi Juli sebagai wakil ketua MOS. Pencapaian yang maksimal.

Terakhir, beberapa hari yang lalu, gua nyempetin chatting dengan dia melalui fesbuk. Kurang lebih kayak gini.

 

Gua: oi oi! Sibuk apa sekarang?

Juli: Oi bang, sibuk nge-MOS bang. Abang kapan pulang?

Gua: Ntar kalo udah selesai magang. Sibuk banget ya MOS. Emang jadi apa disana?

Juli: Aku wakil ketua bang, hahaha…

Gua: Wedew, mantep. Baguslah pun kalo sibuk di OSIS.

Juli: Iya bang, oh iya, tahu nggak bang?

Gua: Apaa?

Juli: Tahun depan aku mau nyalonin jadi ketua OSIS. Tapi masih rahasia ini.

Gua: widih seriusan?

Juli: Iya dong. Doain aja. Tapi jangan bilang siapa-siapa dulu.

 

Sejak chatting itu, gua merasa layaknya menerima sebuah misi kemanusiaan. Gua akan jaga rahasia Juli tersebut. Jangan sampai ada yang tahu. Owraig!

 

 

 

5. Cinta?

Gua nggak nyangka aja. Kayaknya gua masih kalah jauh dibanding dia saat ini. Gua liat bio twitternya, tulisan kayak gini: “Dhia's Hearts Warder!” Ce Ilaaaahhhhh, ini bocah yang kalo denger lagu koboy-junior langsung salto depan-belakang kegirangan ternyata udah punya cewek. Gua aja nggak ngerti terjemahan itu bio apa. Two thumbs up deh!

 

10392399_742258889168866_2386084632861967128_n

Romantis banget ya? Saran gua tetap junjung tinggi teori ‘menghargai perasaan orang lain’ ya. Abang mu ini udah lumayan banyak makan asam garam kehidupan, dek. Selamat menjalankan cinta nyemot.

 

Udah ah, gua nggak mau bahas yang ini panjang lebar, ntar dibilang iri lagi. HAHAHAHA

Pacaran mah boleh aja, bapak-ibu kayaknya nggak ada ngelarang juga deh. Harusnya. Asal jangan sering ngompol lagi aja, malu udah besar, kasihan Ibu ngebersinnya kasurnya. Nonton upin-ipin aja masih mimpi buruk.

 

 

 

 

 

 

Tapi walaupun bagaimana pun bentuk dan kondisinya, dia tetaplah adik gua. Balik lagi seperti yang gua bilang di paling atas, ingat sci-fi movie, jadi ingat Juli, jadi bikin gua harus bilang ‘Ah ini mah nggak mungkin’. Sst, tenang, itu dulu. Dulu dan dulu.

 

Gua yakin, walau dengan penampilannya seperti itu, ia akan menjadi sosok yang akan menginspirasi.

Gua percaya, dengan segenap semangat serta ketekunannya dalam menggeluti hobi dan keterampilan, ia mampu menembus batas prestasi dan merealisasikan semua imajinasi.

Gua selalu optimis, suatu saat ia akan menjadi pribadi yang penuh akan dedikasi dan kreasi, menuju singgasana impian yang paling tinggi. 

 

AMIN, AMIN, AMIN.

 

 

dan yang paling nyata, paling penting, tujuan dibikinnya postingan ini. Tepatnya, dua hari yang lalu, 15 Juli 2014, ia genap berusia 16 tahun. Tenang, bukan lupa, gua hanya mencoba untuk tidak mainstream, yaitu memberikan ucapan H-plus-dua:

“ Selamat Ulang Tahun, Brader.

 

 

Previous
Next Post »
0 Komentar