Takdir Adalah Milik Pribadi

Sebelum memulai, mumpung masih suasana bulan agustus nih, gua mau ngucapin:
Selamat ulang tahun ke-53 Pramuka Indonesia, tetaplah bangga menghadirkan generasi-generasi besar. Satyaku kudarmakan darmaku kubaktikan!
Selamat ulang tahun Arema Indonesia yang ke-27, insyaAllah juara ISL tahun ini. Salam satu jiwa!
Selamat ulang tahun ke-69 wahai negeriku tercinta Indonesia Raya, dengan seiring bertambah tua dirimu, seiring juga bertambah bangga diri ini kepadamu. Merdeka! Merdeka dari kebodohan! Merdeka dari penindasan!
dan yang terakhir, jika ada lisan ataupun tulisan yang menyinggung hati, terlepas sengaja atau tidak, mohon maaf lahir dan batin.


Spesial !
Good day fellas!Selamat datang di Bang Jeck’s Journey SPECIAL EDITION!
Kenapa postingan kali ini bertajuk begitu spesial? Pertama, penampilan baru bang Jeck yang lebih menawan dengan potongan rambut baru tanpa ekstrak kulit manggis. Kedua, tidak lain dan tidak bukan karena kita akan berjelajah ke suatu tempat yang begitu menarik, istimewa, fantastis dan bombastis! Penasaran?

Emang mau kemana, bang?
tiga
TAARAA! Menjelajahi ke dunia yang belum pernah kita jelajahin sebelumnya. Berpetualang ke dunia buku!


Pfft, serius dikit napa bang!
dua
Ah nanya mulu lu! Mending sini ikut aja. Twiries World, I’m coming! Wuuuz!



*** JENG! JENG! ***

selesai


Wedew! Beneran ternyata!
Eh iya bang, kita emang didunia buku mana sih? Twiries ya? Masih awam nih bang gue sama Twiries, jelasin dong!
empat
Keren kan? HAHAHAHA
Twiries itu kepanjangan dari Twin-Diaries, terus bla bla bla ….

      Bentar tong, lu nggak ngikutin sepak terjang blog ini ya? Padahal sebelumnya gua udah pernah ngulas tentang Twiries, daripada gua ngomong panjang kali lebar kali tinggi, sebagai prolog perjalanan kita, mending lu klik gambar diatas dulu deh. Baca bener-bener terus pahamin. Kalo udah ngerti dan dapet pandangan bilang gua, yak!

#NgemilAlienGorengAlaEvaEvi


AH! Mantep bang! Ternyata Twiries itu buku tulisannya teh Eva sama teh Evi toh. Lanjut jalan deh bang!
Itu kan baru sebagian kecilnya ya, gue pengen tahu dong ‘yang bikin WOW’ dari buku ini apa aja sih?
Okeh, pertanyaan yang menarik tong.
Sebenernya udah pernah gua ceritain singkat tentang ini, kalau ditanya lagi apa aja ‘yang bikin WOW’ dari buku ini, biarkan gua menjelaskan yang menarik berdasarkan opini pribadi:
1. Buy one get two    Beli satu dapat dua, maksudnya ini adalah satu buku tetapi isinya merupakan kristalisasi dua buah pemikiran yang super absurd. Yakni teh Evi yang aktif-ceria dikolaborasikan dengan teh Eva yang kalem-feminim, mereka terlihat begitu kompak dan saling melengkapi, ini serius. Sama kayak beli sandal jepit deh, sandal yang sebelah kiri terlihat begitu melengkapi sandal yang sebelah kanan. So Sweet banget yak!
2. Layoutnya menarik abis!
      Kalo gua lihat dibagian awal, layouter alias tukang layoutnya bernama Fitri Raharjo sungguh kreatif. Mas Fitri ini menyajikan layout isi cerita begitu apik dan tidak monoton, walaupun mungkin ada yang merasa sedikit pusing karena kerap sekali gonta-ganti font-nya, tapi ya disinilah nilai plusnya. Dari buku-buku yang pernah gua baca, Twiries dengan sentuhan mas Fitri ini lah yang paling menarik untuk dibaca, jelas, tidak bikin jenuh penampilannya. Top markotop deh! Eh bentar, Fitri Raharjo itu cewek apa cowok sih?
3. Illustrasi komik      Okeh, gua sedikit berdecak kagum kepada tim perancang buku ini maupun teh Eva dan teh Evi. Kenapa? Mereka mempunyai cara yang super-cool dalam menarik minat pembaca yang kadang-kadang sering males membaca dikarenakan bosen, kayak gua nih contohnya. Yup.. dengan illustrasi komik, mereka menyajikannya dengan begitu menarik. Dua jempol deh buat Mas Zamal Maitan yang bertugas membuat illustrasi teh Eva sama teh Evi, begitu hidup, begitu nyata, begitu melekat dihati. Eaaa. Nih contohnya:
komikSumpah, ini yang paling kocak. Adegan ketika teh Eva latihan budokang, dimana sedang berlangsung tes injak perut sejenis uji ketahan fisik gitu. Saking paniknya teh Eva kentut coba. Lihat aja senior yang mengujinya aja sampai muntah-muntah-level-dewa gitu, kebayang nggak sih bau ‘aroma terapi’-nya kek gimana?
*peace teh! *BRB *MasukBrangkasAlaEvaEvi

4. Sering nongol penulisnya
     Berikutnya lagi nih, yang bikin mata pengen baca terus hingga halaman terakhir adalah sering nongolnya teh Eva dan teh Evi ditengah-tengah paragraf. Bingung maksudnya? Coba lihat photo dibawah.
enam
       Nah yang dilingkarin merah salah satu contoh ketika tiba-tiba si kembar kampret ini muncul dan bikin kita ‘HAHAHAHAHA’ sendiri dengan tingkah mereka. Mulai dari si teh Eva nanya ke teh Evi lah, lanjut ke saling adu dulu-duluan mau cerita, sampe ke perang bantal dan keluar masuk brangkas pun mereka lakuin. Emang absurd banget deh kelakuan kembaran satu ini.

5. Gaya bahasa yang remaja dan asik
     Nah, nggak terlalu paham apa emang buku ini ditargetkan untuk pembaca remaja atau nggak, cuma selayang pandang gua, tutur bahasa yang mereka gunakan remaja-able lah, walaupun sekarang gua tahu ternyata teh Eva dan teh Evi rupanya sudah berstatus ‘emak-emak’. Iya, ‘Emak-emak’ yang masih berjiwa remaja. Tsaah!

6. Pesan moral
     Kerap sekali hadir pesan moral yang tersirat dalam buku ini. Dari buku ini sebenernya hampir semuanya berisi keresahan teh Eva dan teh Evi dalam meraungi hidup sebagai orang yang serupa tapi tak sama. Tapi dari sini juga gua paham, emang terkadang untuk menentukan yang terbaik kita perlu membanding-bandingkan, hanya saja itu tidak berlaku dalam kehidupan kembar. Banyak orang salah kaprah selalu berusaha membandingkan anak kembar. Anak kembar itu tidak harus selalu dibandingkan, sebab mereka pasti akan beda walapun serupa, tapi disanalah bentuk realita bahwa mereka itu saling melengkapi.

7. Bisa diwarnain      Nah, buat kalian nih siapa tahu yang punya jiwa kreatif dan seni yang berlebihan, bisa di eksrpesikan dalam bentuk warna juga lho. Khususnya di komik yang ada didalam Twiries ini. Kayak gini nih contohnya:
warna
Gimana? Rada rancu gitu yang pewarnaannya? HAHAHA sorry sorry. Selera seni gua emang tinggi.

8. Ada bonus     Ada bonusnya juga loh. Jadi diakhir cerita teh Eva sama teh Evi nggak melulu berbagi cerita seputar perbedaan maupun dunia kembar doang. Tapi ada cerita pembuatan buku ini juga lho, kocak deh pokoknya. Penasaran? makanya beli!

9. Video promosi
Terakhir nih saking begitu kreatifnya. Sampe ada video promosinya coba, mau lihat? eh bentar sakit perut nih. Be right back bro, mau ke pasar malem dulu. Ntar gua lanjutin yang videonya.


Buset dah, sakit perut malah ke pasar malem coba. Mana nih videonya!
Yaa namanya juga usaha tong nyari WC di pasar malem.
Yuk kita lanjut hal ‘yang bikin WOW’ di poin ke delapan tadi.
       Video! Yuhu, jadi teh Eva sama teh Evi sudah membuat video sejenis trailer ataupun promosi buku Twiries gitu. Inilah alasan sebenernya yang bikin gua nyari buku ini, disela waktu gua magang dipemkot Bandung kemaren, temen gua ngasih link video ini, katanya sih keren. Alhasil masuk rak kamar gua deh ini buku.
Nonton dulu deh sini, semoga nggak buffer.




Wedew!
Banyak juga ya ternyata ‘yang bikin WOW’ dari Twiries. Pengen beli juga jadinya.
Haduh bang, yang bagian video, buffer nih dilaptop gue. Maklum, lagi internet di antara gunung dan laut nih.
Kayaknya cuma elu doang deh tong yang buffer ckck. Makanya pake Smartfren dong!
Yaudah deh, gua bikin Screenshotnya dalam bentuk komik, berdasarkan garis besarnya doang.
HAHAHA
Bangke banget ya pertanyaan yang terakhir. Sejenis pertanyaan yang bersifat retoris alias tak perlu dijawab. Ya jelas lah, beda. Kalo Evi brojol tanggal 17 Juli, kalo Eva brojol 17 Juli beberapa detik setelahnya. Eh, atau sebaliknya ya?
Nggak penting. Nah! yang penting endingnya gini nih, intisari dari video yang berdurasi hampir tujuh menit ini.
wedew


Walaaaah, promosinya toh ternyata. Penasaran gue jadinya bang kalo liat pertanyaannya.
Seru juga nih ternyata ngikutin perjalanan bang Jeck ke dunia Twiries, hehe..
Yoi yoi, nanti notanya ambil dikasir ya.
Udah, udah puas sampe sini aja lu tong? Mau lanjut lagi nggak nih? Masih panjang loh.


Ah seriusan? Kirain udah di ujung perjalanan tadi. Lanjut yuk!
Udah kebuka nih videonya bang. Judul themesong-nya apa sih? Baru denger gue.
Masih dong, masih jauh malah. Ayo deh kalo mau lanjut.
      Themesong? Oh itu, ah gua juga nggak tau, tong. Asik ya kedengarannya, belum dapet juga nih tautan unduhnya. Siapa tahu teh Eva atau teh Evi baca terus kasih tahu link-nya. Ini gua ada mencatat liriknya, kalo dilihat dari credit-title-nya sih, maha karya ‘Syarif and friends’. Siapa tahu mau nyanyiin:
baru twiries


Wah boleh nih bang, bisalah ntar gue yang cari chord-nya, mantep kan.
Eh denger-denger, katanya lu punya model rambut baru ya? pengen lihat dong gue.

otong
Yaelah tong, bilang aja lu mau ikutan eksis di postingan ini, kan elu yang ngambil photo gua tempo hari, kumaha sih! Nih photonya,
jaka
Mau yang lihat photo yang bergerak? nih.
okk


Ah abang, kayak gatau usaha gue buat eksis aja, hue hue.
Weleh, sambil megang Twiries lagi, kece gila lah. Daritadi kita ngomongin baik mulu nih, pengen tahu deh bang, kalo menurut lu yang jeleknya dari Twiries apa sih?
Kalo dibilang jelek sih, sebenernya nggak ada yang namanya jelek. Hanya saja kurang tepat.
     Kalo menurut gua pribadi nih, juga udah pernah di ulas di review sebelumnya, nggak tahu kenapa gua merasa covernya rada kurang pas gitu dari segi pewarnaannya. Bukan bermaksud pinter atau menggurui ya, hanya saja warna background yang hijau seperti tabrakan dengan warna baju illustrasi teh Eva dan teh Evi yang hijau juga. Jadi terlihat rada rancu gitu. Mungkin penulis dan tim punya pendapat masing-masing kali, hanya saja untung yang satu ini, asli, gua gagal paham.

Sok-sok-an ngomentarin karya orang lu bang. Emang lu bisa bikin yang lebih baik apa?
Kan elu yang nanya tadi nyet! ah elah!
     Mungkin karena dari kecil gua udah didoktrin untuk tidak mengomentari jika tidak ada solusi, nah disaat gua mengomentari karya orang, berarti gua ada solusi atau bisa dibilang opini gua sendiri. Wes!
     Gua emang nggak jago dalam hal beginian, tapi gua cukup bersyukur menjadi orang yang berani alias PeDe mengekpresikan hobi dalam karya sendiri, eea. Nggak tahu kenapa, bagi gua, unsur estetika merupakan hal yang paling penting di atas ranah yang super penting. Serius. Nih, gua nyempetin waktu untuk membuat atau mengarangsemen cover official buku Twiries, cek! 
Baru lagi nich 2

Gimana menurut kalian? Kalo menurut mas Anang gimana? Kalo menurut teh Eva dan teh Evi gimana? *semoga dibaca ya
       Kenapa gua bela-belain bikin cover sendiri? Untuk postingan kali ini, gua yakin 100%, penulis buku atau teh Eva & teh Evi pasti bakal baca postingan ini. Sekian sering gua mengulas buku disini, nggak pernah sama sekali dibaca penulisnya, sepandang nih ya, nggak ada komentar dari penulisnya. Yaa selow sih itu.
       Sebenernya pengen juga sih, punya buku sendiri, buah tangan sendiri, yang bakal dikenang orang, terus ada nama pribadi dicovernya, tapi yaa gua mah cuma bisa gambar-gambar doang. Makanya dengan percobaan membuat cover baru ini, besar harapannya di lirik sama penerbit ataupun teh Eva teh Evi buat buat dijadiin cover cetakan keduanya atau nggak part-time-job cover desainger lah. Smile.
Setidaknya, walaupun gua nggak jago nulis dan belom bisa nerbitin buku, masih bisalah berkontribusi dalam penampilannya. AH jadi curhat kan, tong!
Mau lihat perbandingannya, mangga~
Bandingakan 2
Lebih eye-catching yang mana? Aseek~ yang kiri lah. loh?


Boleh juga desain lu bang, dari tekstur cukup memuaskan, komposisinya aman.
Kok sampe sini, gue makin bingung ya bang bedain mana yang Eva mana yang Evi. Kasih tahu bedanya dong!
Kayak chef juna aja lu tong! hahaha.
Bedanya? Masa daritadi nggak tahu sih? sini sini bantu bedain.
Pertama, ini teh EVA SRI RAHAYU
Eva

Kedua, ini teh EVI SRI REZEKI
Evi
Gimana, udah tahu kan sekarang bedanya? nggak kembar identik parah, kok.


Oh itu toh bedanya, hmm.. okeh okeh.
Cerita pengalaman lu dong bang pas baca buku Twiries, ada pengalaman seru nggak?
Pengalaman seru? Ada nih, mulai dari pertama kali gua nyari buku twiries karena tertarik lihat videonya, sampe salah jadwal penerbangan juga ada. Baca deh.

***
“Punten, buku yang judulnya Twiries dimana ya?” Ucap pertama gua kepada sosok pria yang berpakaian rapi dengan kemeja putih dan bercelana bahan hitam yang sedang berdiri sambil melihat-lihat seisi ruangan salah satu toko buku yang ada Bandung tersebut.
Mas-nya hanya membalas pertanyaan gua dengan senyum kecil, dan mulai sibuk melihat buku yang ada dibawahnya.
Karena sedikit heran, kenapa ini karyawan cuma ngebales pake senyum doang, lagi sakit gigi stadium tujuh apa? pikir gua.
“Punten mas, mau tanya, buku yang judulnya Twiries ada dimana ya?” Mas-nya masih belum menjawab.
“Mas, buku yang judulnya Twiries ada dimana yaa?” Tanya gua yang mulai sedikit jengkel. Masih belum dihiraukan juga.
Karena udah dongkol, gua pegang bahunya, terus mata kita bertemu dan wajah kita berhadapan. Gua tanya lagi dengan nada serius dan mendalam.
“Punten mas, tahu lokasi buku berjudul Twiries !?”
“Ah, manggil saya toh dari tadi. Maaf a’, saya bukan karyawan, itu diseberang sana karyawannya, kalo mau nanya tempat buku ke dia aja” jawab mas tersebut sembari menunjuk ke arah karyawan yang berpakaian mirip sekali dengan dia, bedanya, kalo karyawan ada nametagnya, kalo dia nggak. Gubrak!
“Haduh, maaf mas” jawab gua langsung pergi keluar dengan tampang super bego.
***
Saat mau potong rambut nih, jadi buat yang belum tahu, dulu rambut gua itu udah kayak rambutnya medusa kalo setahun nggak keramas, sekarang aja kelihatan lebih rapi, dikit.
Jadi kisahnya beberapa hari setelah gua beli buku Twiries, gua nyempetin untuk pangkas rambut, masih di Bandung juga. Nah, kebetulan rame banget noh pangkas rambutnya, kebetulan juga gua bawa Twiries di tas, gua baca deh sembari nunggu panggilan.
Lagi asyik-asyik baca chapter Silly Question, tekepati hingga Twin Curse, “Mau potong rambut, a’ ?”
”Eh”, kaget gua, karena masih nanggung bacanya, belum kelar juga bagian Twin Curse. Alhasil gua duduk dikursi buat mangkas rambut sambil baca Twiries deh.
“Mau potong model apa a’?”
Masih samar-samar terdengar oleh gua, gua fokusin lagi baca halaman perhalaman.
Lalu, untuk kedua kalinya, abang pangkas rambutnya bertanya dengan nada yang sedikit keras, sehingga membuat gua spontan kaget.
“Mau potong model apa, a’ ?! …. “
“Samain sama kembaran saya!” eh?, astaga ngaco pikir gua kaget. Asli, sumpeh ini malu-maluin.
“Cepak aja maksudnya.” jawab gua yang mendadak berhenti dan mulai menatap tampang kampret yang ada didepan cermin.

***
Berikutnya, saat saya lagi magang di salah satu kantor camat yang ada di Bandung bulan kemarin.
Jadi hari itu gua dapet tugas buat ngeprint renstra, kalo nggak salah singkatan rencana strategis gitu. Banyak banget lagi yang mau diprint, yaa mau nggak mau, sambil nunggu kelar ngeprintnya, gua baca Twiries lagi deh. Biar nggak bosen gitu ngelihatin kertas keluar masuk mulu.
Halaman perhalaman, udah hampir lembar terakhir kalo nggak salah. Sesekali, gua lanjutin klik lagi word yang mau diprint. Baca lagi. Klik print lagi. Baca lagi. Klik, baca, klik, dan baca lagi. Udah kelar nih, batin gua.
Lalu langsung nyamperin bagian kepegawaian buat ngasih itu berkas deh. Belum sempet balik ke meja kerja, si ibu pegawainya tetiba manggil dengan nada yang sedikit melengking,  
“ A’ ….!! Ini kok laporannya sama semua sih? “
Ah semprul, ternyata dari tadi gua nge-‘klik-klik’ buat diprint, file yang sama semua? Mampus dah.
Twiries bikin gagal fokus nih, tanggung jawab teh!

***
Terakhir nih, pas mau balik ke Jakarta dari Pangkalpinang (Bangka). Setelah semua sudah siap, sambil menunggu bapak manasin mobil, gua nyempetin lagi lihat komik-komik kocak yang ada di Twiries.
TEEEET! Klakson mobil berbunyi tanda siap untuk berangkat ke bandara, dan gua langsung bergegas.
Singkat cerita, di bandara, gua udah siap semuanya, tas punggung isi laptop dan kawan-kawan, tas gede satu lagi ditangan kiri, kotak isi oleh-oleh ditangan kanan plus tiket ditangan kanan. Tak lupa juga pamit sama bapak ibu, lalu berjalan ke pintu masuk sambil nunjukin tiket ke penjaga pintu masuk bandara.
“Eh, mas ini tiketnya salah ..” Gua masih sibuk ngeluarin KTP yang ada didompet.
“Mas, ini tiketnya salah, ini tujuannya ke Pangkalpinang”
“Cek lagi deh mbak, salah lihat kali”
“Bener mas ..”
“Ah becanda nih mbaknya, udah mau berangkat nih”
“Nih lihat..” mbak petugas bandara itu menyodorkan tiket yang gua kasih tadi kedepan wajah gua.
“Ha?! Masa iya mbak?!” Panik gua sambil ngeliatin tiketnya. Dan mampus, beneran salah beli tiket ini. Harusnya Pangkalpinang Jakarta malah Jakarta Pangkalpinang.
“Ah yang benernya ketinggalan, bentar, tak ambilin dulu mbak”, sotoy gua langsung pergi nyamperin bapak ibu dan nggak balik lagi hari itu. Asli malu level dewa ini.
Alhasil, bapak beliin tiket baru lagi buat besok, dan ternyata kesalahan ada dibiro tiketnya. Akibatnya, gua terpaksa bolos hari pertama kuliah semester 5, dan hikmahnya pas baliknya, ternyata ada buku dengan cover warna hijau ketinggalan di atas meja tamu, Ah hampir saja Twiriesnya ketinggalan!
Wahaha pe ak lu bang!
Jadi pengalaman yang paling menarik yang mana nih bang? 
Sebenernya kalo dibilang yang paling menarik, nggak ada yang gua sebutin di atas.
Jujur, yang pengalaman yang paling menarik, paling gokil, paling kece, bagi gua bersama Twiries yakni ‘Menulis postingan ini’.
       Banyak cerita yang WOW dan pengalaman yang absurd yang gua dapatkan selama menulis postingan ini, walaupun gua cuma ditemani buku bercover dua gadis malaikat itu doang, tapi semuanya seakan berjalan begitu seru. Sesekali membaca kembali, sesekali menulis kembali.
       Mulai dari postingan perdana tentang perjalanan ke dunia buku hingga ke bikin cover buku ala sendiri. Setiap kata terikat dengan setiap makna, sungguh waktu beberapa hari yang begitu berharga. Menebar senyum kadang-kadang membacanya, andai suatu saat diri ini juga punya karya sendiri yang bisa dikupas orang lain juga. Ah mungkin masih harus lebih berjuang jauh lagi. Setidaknya hingga saat ini, diri ini masih menanamkan, bahwa sehebat-hebatnya orang, apalah artinya sebuah kehebatan tanpa ada sebuah karya.
      Biarkan anak cucu hingga cicit kita kelak ketawa-ketiwi senyum-senyum sendiri melihat hingga membaca karya kita. Ayolah menanam semangat untuk teruslah berkarya. Karya postingan ini saya apresiasikan khusus kepada dua orang yang serupa tapi tak sama, yang telah berhasil mengarungi bahtera hidup, mengambil hikmah perjalanan dan mengabadikannya dalam sebuah buku.
Sebuah pelajaran dan pelajaran yang istimewa. What’s a Wonderful life! 


Speechless..
Ada lombanya juga ya bang?
Iya nih, pas banget. Nih kalo mau lihat:
webbanner_250x250px
banner lomba (1)


Wah, seru nih. Boleh juga ikut lombanya.
Eh bang, semisal nih, misal ada kesempatan untuk bertemu sama teh Eva dan teh Evi. Ada yang pengen ditanyain nggak?
Misal ketemu? Ada satu yang pengen banget gua tanyain, yaitu:
“Kira-kira Twiries bakal ada Sekuel film atau Movie-nya nggak nih?”
Bantu Amin deh. Kalo iya, insyaAllah nanti ada, gua mau daftar jadi desain grafisnya, masuk tim produksi filmnya gitu. Hehe.


Yaelah bang. Udah di ujung jalan deh kayaknya. Thanks banget yak atas perjalanannya. Banyak dapat wawasan baru gua darisini.
Terakhir nih, ada closing statement nggak nih? atau apa gitu sebagai penutup.
Ada, semuanya diwakilin sama quotes dibawah ini:
1111

***END**

Wah, terimakasih banyak nih sudah ikut perjalanannya bang-Jeck. Semoga mendapatkan manfaat bagi yang baca maupun yang nulis sertmerta yang turut bantu menyebarkan. Terimakasih banyak.
NB: Pembaca yang bijak selalu meninggalkan jejak
Previous
Next Post »
14 Komentar
avatar

jeeeeek mana ih kok komen aku ga nongol

Balas
avatar

eh udah nongol ding. komen lagi ah

Balas
avatar

Apasih kakaak, mau komen apa coba?

Balas
avatar

Kakak mampir hanya buat komen, 'eh udah nongol ding. komen lagi ah' - aja?

Balas
avatar

ih seruu kayanya ya jak, jadi pengen baca laah~

Balas
avatar

Iya fid. Jadi pinjem buku aku? :))

Balas
avatar

aihhhh, keren sekali reviewnya! semoga menang yaaa^^

Balas
avatar

Sama-sama keren kita. Semoga menang juga ya salma :))

Terimakasih banyak udah mampir.

Balas
avatar

Keren bang :D *waduh jadi nggak pede buat ikutan hiks T.T
Semoga menang ya bang^^

Balas
avatar

aaaaak punya kamu kereeen!! Good Luck yaaa ^^

Balas
avatar

Ayo ikutan, Pede pede aja. Keren juga buat kamu, iya, kamu.

Makasih ya udah mampir.

Balas
avatar

Aaaak kamu juga. Good luck yaa ^^

Balas
avatar

Terima kasih sudah berpartisipasi "Sharing Moment with TwiRies" ^_^

Balas