[Nostalization] Gunung Maras New Year 2011



Percaya atau nggak, ketika lo udah ‘mati-mati-an’ mendaki sebuah bukit/gunung. Semua ‘mati-mati-an’ lo terbayar TUNTAS ketika tiba diatasnya.

Halooo    *brb  *liatkalender

Wah, nggak nyangka juga sudah tanggal 17 desember dan tentunya tahun 2012. Okeh masbro dan mbaksis, sebelum menutup tahun ini. Gua mau sedikit Nostalgia Nostalization tentang tahun kemaren. Eh, salah ding, Tahun kemaren lusa.



Bangka Belitung, ya tempat kelahiran gua. Tepatnya sih pulau Bangka. Ngomong-ngomong tentang tahun baru. Kembali lagi ke tujuan gua masuk pramuka, yak ! tidak lain dan tidak bukan, gua suka kegiatannya. Jadinya tahun baru kemaren lusa silam gua isi dengan pendakian Gunung Maras dan tentunya dengan anak pecinta alam dan anak pramuka.  Tau kagak gunung Maras itu coy ?

Okeh For your information, Gunung Maras adalah satu-satunya gunung yang ada dikepulauan Bangka Belitung. Sedih ya.  #jeeengjeeng  Tumpukan tanah dengan tinggi kurang lebih 699 meter ini berlokasi di desa Rambang, kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Faktanya puncak dari gunung Maras ini ada tiga. Kata senior gua sih, dua puncaknya boleh di-inapi oleh para pendaki, tidak dengan satunya. Terlalu banyak kisah mistis yang melarang pendaki menginap disana. Makanya rombongan kami hanya ber-gerilya dikedua puncak. Eh ini bukan karena takut, hanya menghormati para leluhur aje. B-)

Oh iya, track awal saat mendaki gunung ini bukan didekat jalan umum, melainkan harus menyusuri hutan yang panjang kilo-kilo-an gitu untuk sampai ke kakinya. Istirahatlah yang cukup dikakinya.  karena tidak jauh dari kakinya ada air terjun kecil yang cukup untuk mengembalikan stamina, dan tentunya banyak Udang yang bisa kita buru dan makan. Haha. Setelah itu bersiap menempuh perjalanan dengan daratan naik turun curam yang bisa memakan waktu kurang lebih enam jam. Banyaknya jumlah kita berhenti untuk mengambil napas berpotensi memakan waktu pendakian lebih dari enam jam. Ingat !

Emang sih tahun baru disana tidak sama seperti biasanya. Mencari sebuah perbedaan itu hal yang luar biasa.  Sekarang jangan tanya dimana kembang api, jangan tanya dimana keramaian. Sebab, jawaban dari semua pertanyaan itu bakal tergantikan oleh jamuan alam puncaknya. Amazing Amaaaiiizzzeeenggg dah !

Okeh daripada lo suntuk bacanya, nih ada dokumentasinya, barangkali lo berminat mendaki kesana. Cekidot !



Gunung Maras New Year 2011, 31 Des'10 to 2 Jan'11

[31/12/10 ] Jalan menuju kaki gunungnya, gunung yang paling tinggi dipoto itu tujuannya.


Dan ini adalah air terjun kecil yang ada dikaki gunungnya. Keren kan ?

Itu yang merah gua maksud . Udang sungguhan. kecil kecil, gampang lagi nangkepnya. Yummy ~
Ini lah rombongannya. Kumpulan anak SMAN1, SMAN3 dan MAN Pangkalpinang.
Pasukan dari SMA gua. (kiri) Awen, Bubuh, Fiqih dan Gua.

Perjalanannya masih jauh masbro mbaksis.


Selamat datang di puncak gunung Maras !


Dan itu adalah satu puncak dari tigas puncak gunung maras, yang isu tidak boleh di-inapi. 'Tambun Tulang', setau gua itu namanya.


Oh iye, puncak yang rombongan gua inapin itu Palas namanya.


Seinget gua tiba disana magrib deh. Itu  suasana magrib dipuncak kali ya. kagak ada keliatan magrib-magrib nye.


Okesip, jujur disetiap pendakian yang paling nikmat itu adalah malamnya.
Karena tahun baru dikota sudah terlalu Mainstream. Happy New Year 2011 !
Lapor ! Kami dari PRAMUKA SAKA WIRA KARTIKA KODIM 0413/BKA


Pramuka SMANSA Pangkalpinang Ambalan Jendral Soedirman 04.039, Saka Wira Kartika


[2/1/2011] Kembali menuju peradaban.
Namanya Riswan Dirgantara, panggil aja Bang Boy. Orang yang berperan besar dalam kesuksesan pendakian ini, dan juga inspirator gua. Thanks Bang Boy telah membuka mindset gua tentang Pramuka dan Alam. you're Great and Amazing ! keep spirit !  Sukses terus.


Selamat tinggal Maras. Jika ada liburan panjang, isnyaAllah siap meluangkan waktu untuk mendaki mu untuk kali kedua. Sampai jumpa dalam waktu, insan dan keadaan yang berbeda. Semoga kita semua panjang umur. Amin.


Huh, capek bikin postnya. Thanks udah mantengin. Jangan lupa datang ke Bangka, khususnya luangkan waktumu untuk mendaki gunung Maras. Okeh ?


Oh iya gua besok mau nonton Film 5cm bareng anak Masjur. Lo juga jangan lupa nonton ya, ntar nyesel. Filmnya High Recommend banget dah ! *lho

Previous
Next Post »
0 Komentar