5CM: Antara Persahabatan, Cinta dan Nasionalisme (Donny Dirgantoro)



Nilai itu penting. Sebuah titik acuan tentang diri kita akan usaha, tanggung jawab dan pekerjaan kita. Tapi yang paling penting itu adalah ilmu. Ilmu itu penting. Sebuah konsep yang membuat kita lebih mengerti dan paham tentang harfiah pengetahuan. Dari Ilmu kita bisa dapat nilai. Lalu dari nilai, juga kita juga bisa dapat ilmu. Warna hijau itu lebih bagus. Warna biru tetap yang terbagus. Duluan ayam baru telor. Tapi ayam lahir dari telor. Semua argumen diatas keren, semuanya hebat, semua benar. Tidak ada yang salah. Kita tidak bisa menge-judge ini salah, itu salah. Ini hanya lah muslihat kata yang dipakai oleh pembuat lomba debat  agar kompetisi terlihat memanas. Lo tahu ? kacamata setiap orang itu berbeda bung. Sekali lagi gua luruskan, ‘Membanding-bedakan’ itu bukanlah sebuah SOLUSI.



#beraikbek   #pasangbando


Malem. Semakin malem, semakin ngaco kayaknya ya ?
Yaudah, daripada gua semakin ngaco langsung tudepoin aja. Disini gua mau mengilas-balik-ulasan tentang sebuah novel ajaib bin sakti yang bernama ‘5CM’ ( red: lima sentimeter)



Jelas. Gua yakin, telinga kita pada jaman sekarang, khususnya hari ini udah gak asing lagi dengan judul ‘5CM’. Pernah baca kan ? pernah lihat ? atau pernah dengar orang-orang ngobrol tentang novel ini?  Yak, begitu juga gua. Sebenarnya udah lama sih, gua baca ini novel. Kira-kira beberapa bulan yang lalu, gua pinjem novel ini dari seseorang, iya seseorang, lalu gua baca dengan waktu yang relatif lemot. Okeh, novel ini bukan punya gua. Lo tau ? padahal gua udah nonton filmnya. Tapi masih aja maler mau baca novelnya. Dan apa, diakhir kata lembaran terakhir dari novel ini, hati ini berontak berteriak “ GILA !! Novel ini gila!! gua gila karena novel ini!! D**AMN!  Gua cinta dan suka novel ini bung !! “


‘ 5CM ’. Novel mahakarya Donny Dhirgantoro yang diterbitkan pertama kali oleh PT.Grasindo pada tahun 2005. Tumpukan 381 lembar kertas ini mencerita tentang persahabatan, cinta dan mimpi. Kisah yang menceritakan tentang 5 orang yang bersahabat sudah sangat lamanya. Mereka sudah saling kenal satu sama lain, saling mengerti saling paham. Kenapa tidak? Hampir setiap waktu weekend dan libur, mereka habiskan bersama walaupun hanya sekedar berkumpul dan bercanda doang. Kedekatan mereka mendatang sebuah kata baru, yaitu jenuh. Kejenuhan hadir diantara persahabatan mereka. Membuat mereka terjaga dari dunia luar, acuh terhadap lingkungan. Bahkan salah satu dari mereka mereka tidak mempunyai teman lagi selain para sahabatnya itu. Lalu di dapatlah sebuah benang merah. Mereka berpisah, hanya sementara, tiga bulan. Mencoba keluar dari zona kenyamanan. Menatap dunia baru, dan mengejar impian mereka masing-masing yang sempat tertunda oleh zona nyaman ini. Setiap pertemuan pasti ada perpisahan, dan setiap perpisahan pasti ada pertemuan. Beberapa bulan kemudian, rencana mereka bertemu dalam sebuah rencana besar. Ekspedisi besar. Untuk menghargai reuni mereka, ekspedisi besar itu bernama perjalanan mendaki sang gunung tertinggi dipulau Jawa, Gunung Mahameru. Banyak kisah yang tak terduga selama perjalanan mereka menuju puncaknya. Banyak haru yang menanti untuk tidak dilewatkan. Banyak senyum yang sulit dibayangkan. Kisah cinta yang menyentuh hati. Tak tertebak. Indonesia. Ini untuk Indonesia. Membuat jiwa takkan pernah lupa dengan negeri ini. Luar biasa.


Dan ini kumpulan quote-quote super dari buku ini :

“ Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya. Tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya. Mata yang akan menatap lebih banyak dari biasanya. Leher yang akan lebih sering melihat ke atas. Lapisan tekad yang seribu kali lebih kuat dari baja. Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya. Serta mulut yang akan selalu berdoa. Taruh mimpi kami, cita-cita kamu, keyakin kamu, apa yang kamu kejar. Kamu taruh disini, jangan biarkan dia menempel. Biarkan dia menggantung mengambar lima sentimeter didepan kening kamu. Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu. “


Ini quote favorit gua :

“ Manusia mendapatkan sesuatu dari manusia lain. Manusia melepaskan sesuatu dari manusia lain. Manusia menjadi manusia karena manusia lain. Dan juga mungkin ada manusia yang menjadi manusia kembali karena manusia lain. “


...................


Sudah panjang lebar kayaknya gua menceritakan sinopsis dari novel ini. Okeh, terkhususkan buat lo yang belum pernah baca novel ini. Gua mewakili rasa kepo kalian yang  tinggi, mau bilang, ini bukan promosi, tapi segera kejar dan beli novel ini. RECOMMEND pisaaaaan !! 

Oh iya, sekali lagi, gua mau ngucapin buat yang udah kasih gua pinjeman novel ini, terimakasih. Terimakasih lagi. Jadi kepengen beli novel ini, kalo bisa sih plus tanda tangan penulisnya, kayak punya dia.  Sekarang gua juga lagi proses baca novelnya @Donny5cm yang kedua yaitu judulnya ‘2’. Ntar kalo kelar, iya, kalo kelar. Bakal gua ceritain juga review-nya.

Gua mau berlayar ke pulau mimpi tiada tara dulu. Salam hangat untuk Indonesia. I Love Indonesia !


 

Previous
Next Post »
0 Komentar