Malang and Batu!


opening copy

Yuk mari keliling Indonesia!
Gimana kabarnya? Sehat? Baiklah, melanjutkan perjalanan sebelumnya, kali ini bang Jeck mengajak kalian mampir sebentar ke kota yang ada didaftar mimpinya. Menjelahi sebuah arti kebahagiaan ketika sebuah impian kesampaian. Kota impian dengan begitu banyak ragam kejutannya. Penasaran? Yuk ikuti perjalanannya. Cekicrot!
***
Aselole! Ah, itu narasi di atas terlalu berlebihan deh kayaknya om. Sini deh biar gua lurusin, dulu, dulu banget, kurang lebih dua atau tiga tahun silam ya, gua pernah nulis ini mimpi di bio-twitter sama catatan mimpi kalo di tahun 2014 gua harus menginjakan kaki dikota ini. Kenapa? Simple sih, karena ini kotanya tim biru Arema. MALAAANG!
Kenapa di atas disebut ‘menjelajah arti kebahagiaan’ ? Kita tahu, dengan menggantungkan mimpi, lalu kita bisa menggapainya, pasti kita ketemu bahagia. Bahagia itu simple kok. Tapi bedain ya antara bahagia dan puas.
Lanjut! perjalanan yang terselip di antara journey ke kampung Inggris-PARE ini, tepatnya 13 Juli 2013 silam, gua bersama rekan satu course memilih alternatif weekend dengan menjelajah kota Malang dan Batu. Siapa sih yang ngga tau Malang? Itu lho kota Pendidikan, Kota Pariwisata dan Kota yang banyak menghasilkan apel hijau. Kalau Batu, ada yang tau? Itu kota kecil yang menjadi tempat wisata bagi pengunjung Malang. Masih masuk Malang kok, kalau gua sih bilangnya gitu.

Masih bingung bang. Kasih lokasinya aja deh dimana!
Nih nih, gua kasih peta-nya kalo masih bingung lokasinya dimana. Cukup tau aja deh gua.
lokasi copy
Mungkin ada yang bertanya, ‘Lah terus Batu ne ngendi, bang?’ Sini biar gua jelasin, berdasarkan sumber wiki yang gua baca, bahwasanya keresidenan Malang itu sendiri terdiri dari tiga: Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kota Malang. Mudeng ra?

Hmm, terus cara kesana bijimane bang?
Gampang, pake jin lampu ajaib atau jin kura-kura.

Yaaa ngga lah, Malang bisa digapai via udara. Bandar Udara Abdul Rachman Saleh akan menjadi destinasi kalian disana nanti.
Dari via darat juga Malang ngga mau kalah. Mau naik Bus? bisa, ada terminal Arjosari, Landungsari dan lainnya yang siap menampung kalian. Mau naik kereta aja? Silahkan, silahkan, Stasiun utama Kota Malang (Kota Baru) siap menyapa kalian. Tenang kawan, jangan pernah takut tersesat disana, ada Angkot yang deket jauh bayarnya sama akan menjadi pemandu kalian dalam menjelajahi Malang. Mantep mantep. 
Oh iya, masalah biayanya variatif ya. Aturannya gini, Semakin elit transportasi kalian kesana berbanding lurus dengan kenaikan biaya yang akan kalian keluarkan. Istimewa.

Ada yang unik ngga sih ini dari kota Malang?
Ada! yang paling utama harus gua bagi ke kalian adalah budaya balik-membalik-kata. Pernah denger kata ongisnade? Mungkin kalo kalian Aremania pasti udah ngga lazim lagi dengan kata itu, tapi gua dulu, itu kata bak teka-teki, dalam kata lain ngga jelas itu hubungannya sama Arema apa. Sebuah kejutan, pas disana baru dapet pencerahan gua, ternyata itu ongisnade kebalikan dari Singo Edan, julukannya Arema. Jadi sekarang bisa kan kita belajar sedikit dari Malang, mau gua tes?
Kera Ngalam, apa coba? Ya, Arek Malang.
Oyi, apa coba? bener banget, Iyo.
Sam? betuul, Mas.
Nah, kalau Ketek apa?


Yuk berikutnya gua kasih photo perjalanan disana, buat nambah wawasan juga sih, siapa tau berencana liburan kesana. Biar ntar pas ditanya orang tentang Malang, jawabnya ngga cuma tentang Bakso Malang melulu apalagi Tukang Baksonya, kan bisa kacau ntar. Cekit!

IMG_0422
Nah ini Stadion Gajayan, lokasinya didalam Kota Malang. Dulu ini homebase-nya Arema. Tetapi sekarang homebase-nya Persema Malang. Ngerti kan apa yang gua maksud?


DSC00406
Nah, kalo ini kita mampir ibadah dulu. Di masjid universitas Islam Malang, atau apagitu lupa gua namanya. Sebelahnya ada sungai kalau ngga salah. Cewek yang disebelah gua namanya Zasya, anak makassar, jago banget speaking englishnya. Miki miko-ji !


IMG_0427
Ini kondisi sebuah jalan saat bulan puasa, Iya gua kesana saat bulan Puasa. Jadi itu dipinggir-pinggir jalannya begitu banyak yang jual jajanan pembatal puasa alias takjil. Tapi asli ini lupa nama jalannya apa, jalan soekarno-Hatta, Jendral Soedirman atau Ahmad yani ya? yang besar itu. Siapa tau ada orang Malang atau tahu Malang bisa bantu meluruskan.


IMG_0428
Ini rombongan Gua. Ngga penting banget ya, gapapa deh.


IMG_0434
Nah ini rombongan juga, kalo yang ini ada gua. Baru jadi penting, HAHAHAHA. Canda, canda. dari Kiri: Fandi (Surabaya), Jek, Titin (Makasaar), Zasya (Makassar), Adilla (Makassar) dan Agung (Trenggalek) a.k.a Tour-Guide.


IMG_0439
Dug! Dug! Dug! Saatnya buka puasa. Nah, destinasi kita sesuai rekomendasi pak guide-nya itu adalah Burger Buto. Sebuah tempat dengan kejutan baru. Lokasinya di Jl.


IMG_0436Yuk mari liat menu buat buka puasanya. Harganya ngga terlalu mahal kan? Eh bentar, rada nge-blur ya? berarti layar LCD kalian yang lagi ngga beres, beli baru coba.


IMG_0443
Nah ini dia kejutannya! Tara! Kalo ngga salah namanya Buto-Long. Harganya belasan ribu. Yakin sanggup makan ini sendirian?


IMG_0444
Nah, kalo ini Buto-Ijo, kalo ngga salah 27ribu. Ini buat porsi banyak orang. Masih relatif mahasiswa kan jika dipertimbangankan dengan kuantitasnya? Tenang, ini bergizi kok. Orang dalemnya ada sayur-sayuran gitu.


IMG_0440
Ada lagi nih, kampret banget ya rotinya. Ngga pake nyantai banget ini.


IMG_0446
Ini yang paling wajib kalian coba kalau berkunjung ke Malang. Bakso bakar dan nikmati sensasi kejutannya! Kalau berani pesen yang level pedes. Aduhmamasanye! Gua jamin itu pantat bakalan pacaran mulu ama jamban. Sumpeh.


0844298-bakso-bakar-khas-malang-620X310
Karena gambar dari kamera gua jelek, gua nyomot dari gugel yang sedikit bagus. FYI, bakso bakar itu sama dnegan bakso biasanya, hanya saya itu pentolnya dibakar dan dicampur dengan bumbu kecap kacang gitu, serta disajikan terpisah dengan kuahnya. Oh iya, ini kalau kata temen gua yang paling rekomendasi lokasinya deket Monumen Pahlawan Trip atau deket Taman Boulevard.


SAM_0337
Oh iya bener, Bakso Bakar Pahlawan Trip namanya. Anggap aja itu yang disudut kiri bawah ngga ada ya. Lupakan.


DSC00443
Nah, ini kampret-kampret rombongan gua. Bahagia itu sederhana kok.


DSC00456
Sudah puas menikmati kuliner di Malang, kita melanjutkan ke Batu. Sebuah kota Pariwisata yang masuk keresidenan Malang, yang mana kalo Malem itu bisa bikin bulu-bulu, iya bulu-bulu kita posisi siap. Keras gitu maksudnya, maklum bos, dingin. Tujuan utama kita disana yaitu BNS. Tau? Batu Night Spectacular.


DSC00473
Kalo gua lihat sih, itu tempat sebelas dua belas kayak pas malem. Wahana hiburan sana sani, kantong muntah pun sana sini juga. Kalo ditempat gua mah biasa ginian, namanya tong setan atau pasar malem yang bisa pindah-pindah tempat. Bener kan sama?


DSC00479
Tapi dibalik hal biasa-nya itu, ini yang bikin gua berdecak kagum dengan artistiknya. Lampion Garden! tahun kan? itu taman isinya lampion-lampion dengan bermacam bentuk.


DSC00500
Nah ini bentuk tupai. jangan salah lho, ukurannya lebih tinggi dari kita.


DSC00520
Ini yang bentuk ikan Hiu. Bangke bangetlah, ini niat banget yang bikin. Kebayang ngga sih kalian itu cara bikinnya seberapa rumit? perlu dedikasi yang tinggi nih.


DSC00567
Ini juga, bentuknya kurang lebih kayak kereta kencananya Cinderella. Emezong banget ya bro.

DSC00603
Oh iya, ada juga yang bentuknya kayak icon bangunan negara lho. Menara kembarnya Malaysia Ada, monas juga ada, tapi yang paling epic sih yang ini. Eifel. Bener kan? bukan menara sutet ini.

IMG_0500
Rada gimana gitu yang pemandangannya, kalo kata temen gua sih. Kalau kalian mau nembak cewek, ajak kesini aja, habis dengan nuansa indah nan romantis ini, biasanya probabilitas ditolaknya bisa dipangkas dikitlah.


IMG_0516
Ini kambing-kambing yang sering dapet hukuman nih. Moron everywhere. Dari kanan: Tuan Tampan, Ojan, Agung.


2012-04-24 15.33.17
Begitu kreatifnya malang, ada jajajan oleh-oleh khas Malang berupa keripik buah. Macam-macam, ada mangga, nagka, rambutan, nanas dan banyak lagi nih. Buat kamu yang habis liburan dari sini, kudu wajib mesti bawa ini jajanan buat oleh-oleh.


SAM_0396
Ini kondisi terakhir sebelum kita balik kembali ke Pare. Sebenernya masih banyak destinasi lain kalau kalian kesini, kalian bisa nyante dulu sebentar di Pojok Ketan Susu, ngontai, ngobrol santai gitu. Terus ada juga Jatim Park 1 dan 2, kebun binatang dan tempat wahana juga. Kebun apel, masih banyak lagi. Sayangnya waktu yang membuat kita tak bisa melanjutkan ke semua itu.


IMG_0448
Sebuah kejutan bagi gua pribadi, yang membuat gua berani bermimpi kesana lagi dan menonton tim yang ada tulisannya ditembok itu berlaga langsung dilapang hijau.


Ah kelar juga bacot panjang lebarnya gua. Bosen ya? atau mungkin ada yang tertarik untuk mampir kesana? Yuk mari dipersiapkan.

Oh iya mungkin ada yang bertanya-tanya, dimana kejutannya? Semua itu adalah kejutan bagi gua. Sebuah tempat baru, makanan baru, suasana baru, budaya baru, dan yang paling penting adalah impian yang lebih cepat tercapai. Cukup. 
Ingat, Setiap orang punya kejutannya masing-masing. Orang lain mungkin tidak akan pernah tahu, tetapi yang pasti, hanya kita yang dapat merasakannya.
Salam hangat dari Malang!
***

Wah, kelar juga akhirnya Journey bang Jeck di Malang & Batu kali ini. Buat kalian yang udah mantengin dari awal atau hanya sekedar celingak-celinguk doang, bisalah komeng dan testimoninya. Atau mungkin mau memberikan sedikit pencerahan atas kurang lengkapnya cerita bang Jeck di atas, boleh banget. Bahkan ada yang mau berbagi ceritanya, luar biasa, boleh banget!

Malang & Batu, “Kota Impian dengan begitu banyak ragam kejutannya.


Yuk mari komengnya!
Previous
Next Post »
0 Komentar